Pages

Senin, 23 November 2015

Resensi Novel "The Unlikely Pilgrimage of Harold Fry" by Rachel Joyce


 
  Judul           : The Unlikely Pilgrimage of Harold Fry
  Pengarang   : Rachel Joyce
  ISBN          : 9780552778091
  Tahun         : 2012 cetakan pertama
  Penerbit      : Transworld Publishers
  Bahasa        : Bahasa Inggris

Menurut Wikipedia,com, Pilgrimate is a journey or a search of moral or spiritual significance atau sebuah perjalanan atau pencarian nilai moral dan spiritual. Pertama kali membaca judul novel ini, saya beranggapan kalau novel ini mungkin berkisah tentang perjalan spiritual seorang bernama Harold Fry dalam mencari tuhan. Benarkah demikian hal yang dimaksud oleh penulis Rachel Joyce ini?

Novel pertama dari seorang penulis drama untuk BBC Radio four ini dimulai di suatu sore ketika Harold Fry menerima surat dari seorang teman lama, Queenie Hennessy,  yang sudah tidak pernah bertemu selama dua puluh tahun lamanya. Surat itulah yang nantinya mengubah kehidupannya dan keluarga, dan membawanya pada perjalanan paling "gila" yang dilakukan seorang pria tua pensiunan ini.

Queenie mengabarkan kalau dia sedang terbaring di rumah sakit karena serangan sebuah tumor ganas, dan dia hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada Harold karena pernah menjadi temannya. Harold yang awalnya hanya berniat untuk mengantarkan surat balasan ke box atau kantor pos terdekat, pada akhirnya memutuskan berjalan kaki dari satu sisi England ke sisi yang lain, dari South Devon to Berwich-upon-Tweed untuk menemui teman lamanya itu. Ya, dengan berjalan kaki, tanpa persiapan, tanpa ponsel, tanpa sepatu yang cocok, dan tanpa ransel untuk menyimpan kebutuhan selama di jalan. Cuma dengan niat kuat untuk "menyelamatkan" nyawa teman lamanya itu, setelah dia dipersuasi oleh seorang wanita yang dia temui di jalan.

Selama perjalanan yang melelahkan itu, dia teringat dengan semua hal yang dia alamai selama hidupnya, dan semua hal tentang keluarganya: tentang masalahnya dengan orang tuanya dulu, tentang renggangnya hubungan dia dengan anaknya, David, dan dengan istrinya, Maureen. Bukan hanya karakter Harold yang berkembang selama perjalanan, tetapi juga karakter istrinya Maureen yang menunggu di rumah. Perpisahkan mereka berbulan - bulan membawa dampak baik untuk perbaikan hubungan mereka.

Apakah Harold melakukan perjalanan itu karena pernah mencintai Queenie? Tentu tidak seklise itu. Dua puluh tahun yang lalu, Queenie pernah mengorbankan dirinya demi Harold, dan ketika itu Harold belum sempat berterima kasih. Dia ingin melakukan sesuatu yang berharga untuk menyelamatkan nyawa dan menguatkan diri Queenie. Queenie bisa bertahan sekian bulan menunggu Harold datang, dan kemudian menghembuskan nafas terakhirnya dengan damai.

Apakah pilgrimage disini perjalanan suci dalam mencari tuhan? tentu saja tidak, Harold bahkan mengakui kalau dia tidak dekat dengan tuhan,  Mungkin maksud Rachel disini adalah sebuah perjalanan suci yang dilakukan seorang Harold untuk menyelamatkan nyawa seseorang yang pernah menyelamatkan hidupnya dulu.

Tetapi tentu saja novel ini tak lepas dari kritik oleh pembacanya di goodread.com, terutama sekali tentang penggunaan istilah pilgrimage tersebut dan juga mengapa harus berjalan kaki? Namun saya pribadi masih merasa bahwa novel ini masih makes sense dengan segala macam mengapa-nya. Perjalanan yang dilakukan Harold berhasil memberikan dampak untuk Queenie, serta untuk dia dan istrinya. Dan berjalan kaki? Perjalanan kaki itulah yang memberikan kekuatan moral untuk Queenie agar bertahan, at least sampai Harold datang.

Walaupun novel ini menjadi bestseller serta masuk short dan longlist untuk beberapa penghargaan, namun menurut saya novel ini akan sedikit sulit diterima jika di pasarkan di Indonesia. Karakter utamanya, tiga orang lanjut usia akan kalah bersaing dengan tema - tema cerita yang umum ada di Indonesia saat ini. Semoga saja saya salah, namun saya pribadi merekomendasi novel ini untuk dibaca, tentu saja saat ini tersedia dalam bahasa Inggris.


1 komentar:

Handayani mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar

Tuliskan komentarnya disini ya...