Pages

Sabtu, 10 Mei 2014

Resensi Buku: Creative Writing - Tips dan Strategi Menulis Cerpen dan Novel oleh A.S Laksana

 

Judul: Creative Writing - Tips dan Strategi Menulis Cerpen dan Novel
Penulis: A.S Laksana
Penerbit: Gagas Media
Harga: Rp55.000,-

Satu lagi buku yang bisa menjadi acuan untuk teman - teman yang ingin menjadi penulis cerpen dan novel yang berbakat. Buku ini ditulis oleh seorang penulis besar yang sudah banyak menghasilkan karya, baik cerpen maupun novel. Buku ini berjudul Creative Writing - Tips dan Strategi Menulis Cerpen dan Novel oleh A.S Laksana.


Sebelum membahas isi buku ini, terlebih dahulu saya ingin menggali sosok penulisnya. Pria kelahiran semarang pada tanggal 25 Desember 1968 ini pernah menjadi wartawan untuk media - media besar nasional seperti Detik, Detak, dan Tabloid Investigasi. Karya yang pernah dia lahirkan salah satunya adalah buku kumpulan cerpen yang berjudul Bidadari yang Mengembara yang dinobatkan oleh majalah Kompas sebagai buku sastra terbaik 2004. A.S Laksana mendirikan sebuah sekolah penulisan kreatif bernama Jakarta School, dan masih aktif mengajar disana. Dengar latarbelakangnya yang dia miliki, tidak diragukan lagi kopetensi yang dia miliki dalam menulis buku ini.

Secara keseluruhan buku ini memberikan kita "saran" dalam menulis sebuah karya sastra baik itu cerpen maupun novel, mulai dari membangun ide, dan mengembangkan ide tersebut secara baik. Buku ini juga menjelaskan bagaimana menyajikan elemen - elemen sastra, seperti plot, sudut pandang, dialog, dan sebagainya secara benar. Latarbelakangnya sebagai penulis, dan pengajar penulisan kreatif membuat tips - tips dalam buku ini sesuai dengan problem yang kerap dihadapi penulis pemula.

Menurut pendapat saya, buku ini layak dijadikan pedoman untuk siapapun yang ingin menjadi penulis kreatif yang baik.

Sumber:
Wikipedia
Creative Writing - Tips dan Strategi Menulis Cerpen dan Novel - A.S Laksana

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentarnya disini ya...