Pages

Sabtu, 09 Maret 2013

Resensi Buku Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu

Judul: Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu
Penulis: Winna Efendi
Penerbit: GagasMedia
Jumlah halaman: X + 346
Harga normal: Rp.49.000,-








Apakah kamu bercita-cita jadi penulis fiksi? Jika ya, bersiap-siaplah menghadapi jalan terjal didepanmu. Menulis cerita fiksi, terutama novel, yang bisa diterima penerbit, dan bisa menjadi masterpiece yang disukai banyak target pembaca bukanlah hal mudah. Banyak hal yang harus dikerjakan di fiksimu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan tersebut. Tapi tenang, Winna Efendi melalui bukunya "Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu" membuka rahasia untuk melahirkan sebuah karya yang bisa diterima target pembacamu. Check this review out!


Latar Belakang Penulis
Winna Efendi adalah seorang penulis teenlit muda yang sudah menulis beberapa novel, diantaranya Ai, Refrain, Remember When, Unforgettable, dll. Novel Ai nya merupakan salah satu kandidat Short List Khatulistiwa Literary Award 2009 kategori penulis muda berbakat, dan novel Refrain masuk Short List Fiksi Favorit Anugerah Pembaca Indonesia pada tahun yang sama.

Dengan pengalaman yang banyak dibidang penulisan fiksi ini, maka tak diragukan lagi kredibilitasnya dalam menulis buku ini. 

Intisari Buku
Secara keseluruhan buku ini mencoba mengupas secara menyeluruh penulisan fiksi, khususnya novel. Mulai dari perencanaan, penulisan, hingga proses lain ketika novel kita ditolak atau diterima oleh penerbit untuk diterbitkan.

Buku Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu ini juga membahas elemen-eleman yang harus ada dalam sebuah karya fiksi. Dilengkapi tips dan contoh untuk mengembangkan elemen itu. Misalnya bagaimana mengembangkan sebuah ide menjadi sebuah cerita yang utuh. Ada juga tips untuk menciptakan dan mengembangkan karakter - karakter dalam cerita fiksi kita. Dilengkapi cara dan contoh mendeskripsikannya dalam novel kita. Atau bagaimana mendeskripsikan sebuah setting dalam novel kita sehingga bisa ditangkap oleh pembaca dengan penyampaian yang menarik. Eleman - eleman lain juga dijelaskan dengan tips dan contohnya.

Buku ini juga memberikan tips - tips ampuh untuk keluar dari writer's block, yang membuat novel kita terhenti ditengah jalan. 

Winna Efendi juga memberikan sebuah tips ampuh untuk menimalisir ditolaknya naskah novel kita oleh penerbit, berdasarkan dari pengalaman yang dia lewati. Dia menyebut proses ini dengan istilah self-editing. 

Selain hal-hal diatas, buku ini juga menerangkan bagaimana proses mengirim naskah novel ke penerbit, dan bagaimana menghadapi penolakan atau persetujuan dari mereka.

Kelebihan
- Buku ini menjelaskan proses penulisan novel dari awal sampai akhir
- Tips dilengkapi dengan contoh sehingga lebih mudah dimengerti
- Disampaikan dengan bahasa yang menarik

Kekurangan
- Tips dan contoh tulisan yang diberikan belum terlalu detail

Kesimpulan
Buku ini layak dijadikan pegangan untuk seorang penulis pemula dalam memulai karirnya dalam bidang tulis menulis. Tapi tentu saja, pembaca masih memerlukan tambahan informasi dari buku - buku lain untuk melengkapi kekurangan dari buku ini. Untung saja buku ini juga memberikan informasi berupa buku - buku yang disarankan untuk dibaca guna menambah wawasan.

Demikian dulu Resensi Buku Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu. Saya sangat mengharapkan kritik dan saran dari teman- teman semua. Jika ada yang ingin ditanyakan sebelum memutuskan untuk membeli buku ini, saya dengan senang hati akan menjawabnya. Terimakasih sudah berkunjung. :D

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentarnya disini ya...